CPK. MATA KULIAH:

setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:

1.  Memahami etika, moral dan latar belakang pendidikan guru di Indonesia.

2.  Menelaah kebijakan, peran, kedudukan dan kode etik guru di Indonesia

3. Mengidentifikasi berbagai kompetensi dan profesi guru serta hubungan guru dengan lingkungan

4.  Mengidentifikasi implementasi

kompetensi, konsep guru masa kini dan program sertifikasi dan pendidikan profesi guru.

5.  Mempresentasikan/ Melaporkan Hasil Pembuatan Makalah

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas konsep dan citra guru, guru sebagai pendidik dan pembimbing, kedudukan guru sebagai tenaga profesional, pengembangan kompetensi dan profesi guru, guru sebagai pengembang dan pembaharu, hubungan guru dengan lingkungan, serta pengembangan kode etika guru. Perkuliahan ditekankan pada aktivitas mahasiswa dan kontekstual learning. Evaluasi ditekankan pada aktivitas dan portofolio.

Capaian Pembelajaran  : Mahasiswa mampu menguasai materi ini secara teoritis, memahami kompetensi yang harus dimiliki guru sebagai tenaga

(Komp Mata Kuliah)                 profesional, Mampu memberikan keteladanan sikap dan perilaku berdasarkan etika dan profesi.

Penetapan Nilai Akhir:

NA    =    20% + 25% + 10% + 30% + 15%    =  100%

Referensi

1.    A.M., Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

2.    UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

3.    PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Kompetensi Guru)

4.    Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. (1992). Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.

5.    Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. (2010). Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.

6.    Hamalik, Oemar. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara

7.    Joni, Raka. (1992). Pokok-pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Jakarta : Konsorsium Ilmu Pendidikan.

8.    A.M, Sardiman. (1983). “Tugas dan Tanggungjawab Guru dilihat dari Kode Etiknya”, dalam Cakrawala Pendidikan No.9 Vol III. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

9.    Danim, Sudarwan. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.

 

 


 


Mata kuliah “Pengantar Pendidikan” ini merupakan mata kuliah yang sengaja disusun untuk memberikan pengantar atau pengenalan lebih lanjut seputar kedudukan pendidikan dan urgensinya bagi kebutuhan hidup manusia dan sekaligus untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan bernalar mahasiswa calon guru sekolah dasar sehingga memiliki modal dasar untuk dapat menjadi guru yang professional di masa ketika telah mendedikasikan diri sebagai guru di jenjang satuan pendidikan sekolah dasar.