PENELITIAN TINDAKAN KELAS

DESKRIPSI MATA KULIAH:

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menyusun dan menggunakan instrumen penelitian serta merekam hasilnya, merancang dan melaksanakan PTK, menganalisis, menerjemahkan hasil analisis data dan memanfaatkan temuan PTK serta menulis laporan hasil PTK. Mata kuliah PTK menyajikan serangkaian materi kuliah yang akan membekali  Anda  dengan wawasan, sikap dan keretampilan melakukan PTK dalam upaya           guru memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas sekaligus meningkatkan kemampuan  guru dalam melakukan PTK

A. TUJUAN C MPK:

Setelah mempelajari MK ini mahasiswa  dapat mengasai kemampuan sebagai berikut:

1.      Menjelaskan hakekat PTK secara komprehensif

2.      Menjelaskan langkah-langkah PTK dan mendeskripsikan setiap langkah

3.      Menyusun rencana penelitian dan membuat laporan PTK

4.      Melaksanakan PTK  dalam melaksanakan upaya perbaikan  pembelajaran

5.      Menganalisis dan menginterprestasikan  hasil analisis data serta menindaklanjuti hasil PTK

6.      Menyusun dan mendesiminasikan laporan hasil PTK

B. MATERI ESENSIAL YANG DISAJIKAN 

1.      Hakekat PTK

       -Pengertian dan karakteristik PTK

       - Manfaat, keterbatasan, dan persyaratan PTK

2.      Langkah-langkah PTK 

       - Rencana dan pelaksanaan PTK

       - Pengumpulan dan aanalisis data serta Tindak Lanjut

3.      Merancang PTK

       - Langkah-langkah perancangan PTK

       - Rencana dan proposal PTK

4.      Melaksanakan  perbaikan  Dalam  pembelajaran

       - perbedaan peran Guru sebagai pengajar dan pelaksana PTK

       - Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran

5.      Menganalisis dan menginterprestasikan  hasil analisis data serta menindaklanjuti hasil PTK

       - Analisis, penyajian, dan interprestasi data

       - Kesimpulan dan tindak lanjut hasil PTK

6.  Laporan  PTK
       - Hakekat laporan PTK
       - Menulis dan mendesiminasikan  Laporan PTK

C. PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA SETELAH MEMPELAJARI  MATA KULIAH PTK.

    setelah mempelajari MK ini mahasiswa dapat:

1. menyusun dan menggunakan  instrumen penelitian serta merekam hasilnya,

2.  merancang dan melaksanakan PTK, 

3. menganalisis, menerjemahkan hasil analisis data dan memanfaatkan temuan PTK

4. menulis laporan hasil PTK

5. keretampilan melakukan PTK dalam upaya     guru memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas 

6. meningkatkan kemampuan  guru dalam  melakukan PTK

7. mampu membuat karya tulis ilmiah dalam bentuk laporan PTK

D.  ASSESMEN UNTUK MENGUKUR CPMK:
     -  penugasan secara individu dan kelompok
     -  melaksnakan persentase
     -  membuat proposal PTK
     -  membuat lapran hasil  PTK 

E.  RINGKASAN TUTORIAL  SELAMA 16 SESI

    Kegiatan pembelajaran di mulai dengan kotrak perkuliahan, menjelaskan cara pembelajara di  Umada ,  memberi motivasi kepada para mahasiswa  cara pembelajaran yang efektif di  Umada . Mata kuliah ini membahas tentang hakikat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menyusun dan menggunakan  instrumen penelitian serta merekam hasilnya, merancang dan melaksanakan PTK, menganalisis, menerjemahkan hasil analisis data dan memanfaatkan temuan PTK serta menulis laporan hasil PTK. Mata kuliah PTK menyajikan serangkaian materi kuliah yang akan membekali  Anda  dengan wawasan, sikap dan keretampilan melakukan PTK dalam upaya           guru memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas sekaligus meningkatkan kemampuan  guru dalam  melakukan PTK,  pada sesi terakhir, mahasiswa diharapkan dapat memperesentasikan hasil laporan  Penelitian tindakan kelas yang di buat dari masing-masing mahasiswa sebagai tugas akhir pertemuan, agar mahasiswa mampu membuat  karya tulis ilmiah  dengan melakukan perbaikan  pembelajaran di kelas. 

AKHIRNYA SELAMAT MENGIKUTI TUTORIAL  MATA KULIAH  PENELITIAN TINDAKAN KELAS, SEMOGA  ALLAH SENANTIASA MEMBERI KESEHATAN DAN KEBAHAGIAAN UNTUK KITA SEMUA


Mata kuliah pengelolaan kelas di sekolah dasar merupakan mata kuliah keahlian (MKK) yang bertujuan untuk memahami pengelolaan kelas di sekolah dasar. Terdapat tiga hal yang menjadi tujuan umum dari perkuliahan ini, yakni :1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar pengelolaan kelas di sekolah dasar. 2. Mahasiswa dapat merancang pengelolaan kelas di sekolah dasar. 3. Mahasiswa dapat menemukan model /Pendekatan pengelolaan kelas  di sekolah dasar.

 

 


Mata Kuliah Membahas Tentang Perkembangan Individu, Perbedaan Individual Peserta Didik, Perkembangan Fisik, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Sosial, Perkembangan Emosi, Perkembangan Moral, Perkembangan Agama, Permasalahan Remaja dan Solusinya